DDNS untuk CCTV

Remoteview CCTV &DDNS
Oleh : Zulmi Azuwar

Agar remote site CCTV punya alamat dan “rumah” sendiri,nama domain dan server untuk hosting perlu disewa.Ada banyak server penyedia nama domain (DDNS) untuk disewakan salah satunya yang populer adalah DynDNS.com


    Sebelum kita bahas lebih jauh tentang penyewaan nama domain dan remote view site CCTV alangkah baiknya kita pelajari dan pahami terlebih dahulu apa sih hostname (nama domain) DDNS dan remote site CCTV itu?.Nama domain yang pertama akan saya jelaskan terlebih dahulu.

Pernah browsing internet??? Pasti hampir setiap orang pernah. Apa saja nama website yang pernah di buka ??? Jawabannya banyak dan beragam,ada www.kaskus.co.id ada www.tokobagus.com dan lain sebagainya.

Kalau kita mau memulai browsing pasti langkah pertama adalah membuka software browser seperti internet explorer,mozzila firefox dll.Lalu kita ketikan di address bar alamat website yang ingin kita buka,misalkan kita buka website kantor kita di www.telviewcctv.com dan menekan enter. Nah,telviewcctv.com itulah contoh namadomain.

Telviewcctv.com sebenarnya mewakili suatu IP address (alamat internet protokol). Setiap komputer atau dalam hal ini CCTV yang terhubung ke internet mempunyai alamat IP sendiri yang unik dan berbeda-beda.
contohnya alamat website kantor kita  http://www.telviewcctv.com ketika kita ping di command prompt akan muncul IP contoh 179.55.1.120
dan coba kita buka kembali browser dan ketikan alamat IP tersebut di address bar dan hasilnya =

Akan muncul situs telviewcctv.com

Sekarang buka lagi www.telviewcctv.com ( bukan menggunakan ip )di browser.
Dan hasilnya akan muncul halaman yang sama.Tapi mana sih yang lebih enak di hafal??
tentunya adalah www.telviewcctv.com bukan 179.55.1.120.

Nah,itulah salah satu gunanya hostname atau nama domain untuk memudahkan menghafal alamat sebuah website. Ia menggantikan alamat IP menjadi sebuah nama yang mudah diingat dan dihafal.Begitu pula dengan CCTV yang terkoneksi dengan internet lebih mudah mengingat hostname dari pada alamat IPnya.
Alasan lainnya menggunakan hostname DDNS adalah adanya alamat IP yang berubah-ubah (dynamic) seperti ISP firstmedia,netzap,dan bahkan speedy pun sekarang memberikan IP yang berubah-ubah.Keadaan ini tentu menyulitkan untuk penggunaan CCTV yang akan dikoneksikan ke internet.Tidak mungkin kita harus cari tahu IP address CCTV kita setiap saat kita akan meremote view.
Nama domain DDNS tidak bisa semau gue kita gunakan. Kita atau customer yang mempunyai CCTV harus  menyewa pada penyedia hostname DDNS salah satunya DynDNS di alamat website http://www.dyndns.com biaya pertahunnya dikenakan sekitar 30$ (biaya bisa berubah sewaktu-waktu). Kita dapat membayarnya dengan Paypal ataupun kartu kredit dengan mengisi form berlangganan tentunya terlebih dahulu.

**Ada sekitar 30an hostname yang dapat di sewakan dengan biaya 30$.

Penjelasan kedua mengenai remoteview site CCTV lebih singkat dan mudah dimengerti kalau sudah mmebaca dan memahami penjelasan pertama. Hampir sama seperti website ,bedanya bisa dilihat dari awalan namanya “remote dan web”.
website terdiri dari file html,gambar Jpeg,GIF dll dalam sebuah komputer web server yang di hosting sehingga bisa di akses melalui internet.

Sedangkan Remotesite sesuai namanya remote adalah sebuah perangkat CCTV (Kamera,DVR dll) yang di setting agar dapat dilihat di internet.

Demikian artikel atau tulisan singkat yang saya buat meskipun berlimpah kekurangan dan masih sangatlah jauh dari sempurna tetapi semoga dapat memberikan manfaat bagi kita semua.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s