Menyikapi Perbedaan

Adalah naluri manusia bahwa setiap kelompok merasa senang dan bangga dengan jamaah, golongannya. Sebagaimana firman Alloh SWT ;
فَتَقَطَّعُوا أَمْرَهُم بَيْنَهُمْ زُبُراً كُلُّ حِزْبٍ بِمَا لَدَيْهِمْ فَرِحُونَ
“Kemudian mereka (pengikut-pengikut rasul itu) menjadikan agama mereka terpecah belah menjadi beberapa pecahan. Tiap-tiap golongan merasa bangga dengan apa yang ada pada sisi mereka (masing-masing).” (QS. Al-Mu’minun : 53).
Tetapi janganlah perbedaan dijadikan cara untuk saling menjatuhkan, mengejek, menyatakan sesat, bid’ah, dsb.
Kita berbeda untuk saling mengenal satu sama lain, bukan berpecah-belah.

Nabi Muhammad SAW, yang sangat kita cintai dan patuhi ajarannya, bersabda ;
﴿لا تحاسدوا ولا تناجشوا ولا تباغضوا ولا يبيع بعضكم على بيع بعض وكونوا عباد الله إخوانا. المسلم أخو المسلم لايظلمه ولا يخذله ولا يكذبه ولا يحقره. التقوى هاهنا ويشير إلى صدره ثلاث مرات. بحسب امرىء من الشر أن يحقر أخاه المسلم. كل المسلم على المسلم حرام دمه وماله وعرضه﴾.

“Janganlah kalian saling dengki, saling menipu, saling marah dan saling memutuskan hubungan. Dan janganlah kalian menjual sesuatu yang telah dijual kepada orang lain. Jadilah kalian hamba-hamba Allah yang bersaudara. Seorang Muslim adalah saudara bagi Muslim yang lainnya, (dia) tidak boleh menzaliminya dan mengabaikannya, tidak mendustakannya dan tidak menghinanya. Taqwa itu disini (seraya menunjuk dadanya sebanyak tiga kali). Cukuplah seorang Muslim dikatakan buruk jika dia menghina saudaranya yang Muslim. Setiap muslim atas Muslim yang lain, haram darahnya, hartanya dan kehormatannya. “ (Hadist Riwayat Imam Muslim).

Singkatnya, wahai saudaraku yang baik, kaum yang baik adalah kaum selalu berusaha melihat kebaikan kaum lain, dan selalu berusaha untuk menjadi baik dan terus lebih baik. Kaum yang buruk adalah kaum yang hanya melihat keburukan orang lain, sehingga ia tidak tergerak untuk memperbaiki dirinya sendiri.

Bersikaplah baik, tunjukkan akhlaq yang mulia. Persatukan diri dan keluarga antum dalam amal kebaikan dimana antum dan keluarga bisa sepakat dan sefaham. Ada banyak sekali persamaan diantara kita semua. Perbedaan itu hanya sedikit. Semoga Alloh SWT selalu menyatukan hati seluruh kaum muslimin dalam kebaikan dan saling mencintai. Amiin.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s